Home » secangkir kopi » TOPLES RESOLUSI

TOPLES RESOLUSI

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 3,807 other followers

Tamu

  • 20,714 hits

Waktu terasa bergerak sangat cepat, rasanya baru kemarin saja menyambut mentari pertama tahun 2013 dan mengecupi edelweis di padang edelweis-Tegal Alun, Gunung Papandayan.

Dan sekarang sudah memasuki pertengahan bulan ketiga. Apakah semua orang juga mengalami ini? waktu yang terasa lebih cepat dari target – target yang dirumuskan.

Resolusi yang sudah disusun, terasa mengejar – ngejar, layaknya barisan daftar belanjaan yang minta segera di check list 😀

Aku pun…

Dan pasti setiap orang memiliki impian yang diperjuangkan sekuat tenaga di tahun 2013 ini, Iya kan?. Karena bagi saya impian ini adalah alasan untuk menikmati dan memaknai hidup, dan bahkan seolah ingin hidup 1000 tahun demi mencapainya. Tujuan hidup manusia di bumi ini saya yakin sama : ingin hidup bahagia. Kemudian bahagia ini memiliki turunan sesuai perspektif dan level masing – masing :D.

Sebagai penganut “aliran” nasionalis-kapitalis-religius (racikan pribadi dan belum dibentuk ormas nya xD). Maka target – target hidup saya berada dalam lingkup tuntunan tiga keyakinan tersebut. Walaupun secara maknawi, religius tentu saja sudah paket komplet, meng-cover nasionalis dan kapitalis, tapi apa salahnya diperjelas sebagai bentuk dramatisasi xD.

Mengenai apa saja list mimpi – mimpi saya, cukup Allah, saya dan buku – buku catatan yang tahu. Sebagaimana Nabi Yaqub yang melarang Yusuf menceritakan mimpi tentang bulan dan matahari yang bersujud untuknya, karena dikhawatirkan menimbulkan kecemburuan, iri dan niat jahat saudara – saudaranya yang lain. Karena mimpi tersebut adalah sebuah kode dari Allah, bahwa kelak Yusuf akan menjadi orang mulia dan tinggi jabatannya.

So, It’s better for you to keep your dream, write it secretly, just share it to those who will really understand you, care for you and feel proud when you finally achieve ur dream.

KOMITMEN

Usaha dan pantang menyerah adalah kunci yang semua orang juga tahu, adalah untuk mewujudkan resolusi hidup. Namun, orang yang sudah berniat komitmen tentu saja tidak akan dibiarkan begitu saja oleh hukum alam :D. Kemalasan, merasa “kehabisan tenaga”, ketidakyakinan, putus asa akan membayangi setiap langkah kerja keras yang ditempuh. Padahal kita tidak punya pilihan selain bertahan dan “melawan” ujian – ujian tadi. Karena kalau menyerah artinya tahun ini menjadi tahun yang sama saja dengan tahun – tahun lalu, atau bahkan tahun yang lebih buruk, karena  kita melakukan hal yang sama sedangkan percepatan perubahan jaman semakin bertambah.

  • Target besar

Tentulah tidak sulit merumuskan target besar ini, mungkin ada 1 atau lebih. Bagi saya pribadi gak masalah seseorang memiliki lebih dari satu target, asalkan antar target merupakan hal yang saling mendukung bukan saling melemahkan. Gampangnya, gak salahkan menginginkan rumah sekaligus pasangan hidup untuk tinggal dirumah tersebut…*plaak :p

  • Target – target pendukung

Bagi orang yang tergantung dengan mood, dan itu tentu saja bukan sesuatu yang baik, maka target besar tidak mungkin dicapai bila tidak mengubah sekaligus kebiasan sehari-hari. Jadi ada baiknya memasukan target kebiasaan dalam list resolusi. Misalnya : sebulan membaca 1 buku, apdet blog tiap hari x, memantau sosmed selepas jam kerja atau tidak sambil bekerja, silaturahim dengan orang baru tiap akhir pekan daaan lain sebagainya, sebanyak mungkin target sikap dan tindakan yang membantu menuju target besar.

 RESEP RAHASIA (Racikan Pribadi)

Daaan telah sampailah saat berbahagia dari isi blog ini, dengan sangat sengaja ditaruh bagian belakang.. miyapah ? yaiyalah kan lakon menange keri..hahaha. Soalnya kalau masuk ke resep rahasia langsung, tulisannya bakal sedikit. Sedangkan prolog sengaja dibuat panjang agar kamu punya waktu lama memperhatikan kuuuu *sorakin huuuu…

Yak bahan – bahan yang diperlukan untuk resep saya kali ini adalah :

  1. Segulung kertas
  2. Bolpoin
  3. Toples

Langkah pembuatan :

  1. Tulis semua target – target resolusi 2013 anda.

Metode penulisan terserah, tapi akan lebih membantu jika diberi waktu, kapan target itu harus dicapai. Misalnya punya target baca 1 buku sebulan, maka buatlah tulisan – tulisan dalam kertas tersebut  : Buku bulan januari, Buku bulan Februari, dst.

  1. Gunting tiap target, sehingga anda akan mendapatkan banyak sekali tulisan – tulisan target. Jangan lupa untuk meng–copy tulisan sebelum digunting dalam kertas yang utuh.
  2. Masukan potongan – potongan kertas berisi target resolusi 2013 kedalam toples.

Dan tadaaaa….

Sajikan

 

toples resolusiku

toples resolusiku

Nikmatilah sajian Resolusi tersebut, dan keluarkan satu persatu isinya dari dalam toples setelah berhasil mewujudkan apa yang telah ditulis. Rasakan sensasi kepuasan, atas isi yang setiap bulan semakin berkurang, atau sebaliknya sebuah perasaan bersalah yang memacu untuk menghabiskan seluruh isi toples.

Selamat mencoba, saya juga sedang mencoba, semoga ini menjadi cara yang menyenangkan untuk mencapai resolusi 2013 kita, dan tidak ada mimpi yang sia – sia.

~Sakses in ur life ~

Advertisements

3 Comments

  1. kebomandi says:

    patut dicoba.. selama ini kalo nulis resolusi gak dimasukkin di toples, tapi dipajang di depan kamer, jadi setiap masuk kamer, liat apa-apa yang belum di raih. 🙂

  2. sa469 says:

    lanjut s3 budhe……

    • sukmadewi mega says:

      saiki kok wis gak pengen s3, gak pengen beasiswa ke luar negeri. pengene mung bisnis (titik) piye jal 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: